Thursday, March 17, 2011

Membuat Laporan format PDF tanpa script pdf di PHP

Bagi Anda yang sedang belajar membuat aplikasi terutama berbasis Web Base dengan menggunakan PHP, biasanya tak lepas dengan fasilitas report yang diminta oleh klien. Hal seperti ini sering kita jumpai bahwa report yang kita sediakan berupa format PDF. Dalam PHP, untuk membuat report dalam bentuk PDF biasanya memanfaatkan library yang bernama FPDF. Adapun selain FPDF, ada library yang lain, diantaranya ezPDF, FPDF16, maupun HTML2PDF. Kesemua library tersebut harus kita masukkan dalam script php kita saat hendak memanfaatkan lbrary yang terkandung didalamnya.
Namun, bagi anda yang menginginkan report yang dihasilkan tanpa rumit-rumit menuliskan script php untuk mengambil library FPDF atau library serupa, ada cara lain yang lebih cepat dan sangat sederhana bagaimana report yang kita buat bisa berupa PDF tanpa menuliskan script.
Hal pertama yang harus terpenuhi adalah :
1. Pada komputer yang digunakan untuk mengakses report, harus terinstal primopdf. software ini ada yang bersifat free maupun share. Menginstall program ini, nantinya digunakan untuk membuat report PDF, dimana hasil instalasinya layaknya kita menginstal printer untuk mencetak report.
2. Yang tidak boleh terlewatkan adalah, seharusnya komputer tersebut sudah terinstal aplikasi reader (aplikasi untuk membaca file pdf), diantaranya adalah adobe acrobat reader, FoxitReader, ataupun reader-reader yang lain.
Jika kedua hal tersebut sudah terpenuhi, maka anda sudah bisa membuat report ataupun text dalam bentuk pdf.
Adapun caranya adalah, buka file ataupun report PHP yang hendak dijadikan format PDF, kemudian dari browser (atau aplikasi yang lain) klik menu file, kemudian pilih print. pilih jenis print primopdf untuk membuat dokumen dalam bentuk pdf. maka sejenak anda akan diminta untuk mengisi nama dokumen yang baru dalam format pdf. jika berhasil, selamat anda sudah berhasil membuat report dokumen atau PHP anda dalam format pdf.

1 comments :

HitCounter

Website counter